Home » » Petani kampung cibubuay Beralih Tanam Pepaya

Petani kampung cibubuay Beralih Tanam Pepaya

Written By Unknown on Selasa, 07 Oktober 2014 | 17.38

Jurnal online. Masyarakat cibubuay, Desa Cibuntu kecamatan simpenan kabupaten Sukabumi, saat ini lagi bergairah membudidayakan tanaman pepaya sebagai bisnis yang menggiurkan. Apalagi ditengah langkanya komoditi ini dipasaran, sehingga membuat harga pepaya jenis Califorina melambung tinggi.
Dilahan area perasawahan yang tadinya selama beberapa tahun ditanam padi harus angkat tangan karena beberapa bulan ini terus merugi. Pada akhirnya masyarakat beralih menjadi petani pepaya.
Satu area lahan persawahan bisa ditanami 100 batang pepaya. Masa tanam sampai panen memerlukan waktu 6-8 bulan. Sedangkan 1 pohon pepaya bisa menghasilkan 60 kg pepaya
Pepaya mini California yang ditanamnya sudah membuahkan hasil saat ini. Pada panen perdana setelah masa tanam 6 bulan masyarakat sudah mengumpulkan 1 ton pepaya  dan mereka menjualnya kepada pengepul.
Menurut salah satu warga pepaya ini memiliki cita rasa manis, serat buah yang padat, dan tidak heran jenis pepaya ini lebih mahal dibandingkan jenis pepaya yang lainnya selain itu jenis peaya kalifornia ini tatamannya rendah ukuran satu meter paling tinggi 1,5 ,





Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2013-2014. Setia Diaran. All Rights Reserved
Developed by Irwanteamedia. Powered by wisata palabuhanratu